Monday, December 2, 2019

EMOSI


A. EMOSI                                   
 Emosi adalah reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu. Emosi berasal dari bahasa Latin, yaitu emovere, yang berarti bergerak menjauh. Arti kata ini menyiratkan bahwa kecenderungan bertindak merupakan hal mutlak dalam emosi. mengatakan bahwa emosi merujuk pada suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Emosi merupakan reaksi terhadap rangsangan dari luar dan dalam diri individu, sebagai contoh emosi gembira mendorong perubahan suasana hati seseorang, sehingga secara fisiologi terlihat tertawa, emosi sedih mendorong seseorang berperilaku menangis.
   1. Aspek emosi:                                                                      
a.       Biologi emosi                                                                                   
    Semua emosi berasal dari sistem limbik otak yang ukurannya sebesar satu kacang walnut dan terletak di batang otak. Orang-orang yang cenderung merasa bahagia sistem limbiknya tidak aktif, sebaliknya sistem limbic aktif ketika orang-orang merasa depresi, khususnya ketika mereka memperoleh informasi negatif.
b.      Frekuensi dan durasi                                                                        
    Suksesnya pemenuhan tuntutan emosional seorang karyawan dari suatu pekerjaan tidak hanya bergantung pada emosi yang terjadi, tetapi juga pada seberapa sering dan lamanya mereka berusaha menampilkannya.
c.       Rasionalitas Emosi                                                                                 
         Emosi juga penting terhadap pemikiran rasional karena emosi memberikan informasi penting mengenai pemahaman terhadap dunia sekitar. dan kunci pengambilan keputusan yang baik adalah menggunakan pikiran dan perasaan dalam suatu keputusan.                                                                            
d.      Fungsi                                                                                                       
      Charles Darwin menyatakan bahwa emosi berkembang seiring waktu untuk membantu manusia memecahkan masalah. Emosi juga sangat berguna karena memotivasi orang untuk tetap bertahan hidup. Seperti mengumpulkan makanan, mencari tempat berlindung, memilih pasangan, dan sebagainya.
e.       Klasifikasi emosi                                                                            
     Salah satu cara mengklasifikasin emosi adalah berdasarkan apakah emosi tersebut positif atau negatif. Emosi positif seperti rasa gembira dan bersyukur, sedangkan emosi negatif seperti rasa marah atau rasa bersalah. Emosi tidak bersifat netral karena menjadinetral berarti menjadi nonemosiaonal. ( Fitriyah, Lailatul dan Jauhar, Mohammad., 2014)
2. Teori tentang emosi:
a.       Teori James-Lange
Menurut teori James-Lange emosi merupakan hasil dari kondisi fisiologis yang dipicu oleh stimulus di lingkungan. Emosi muncul setelah reaksi fisiologis. Sudut pandang ini berpendapat bahwa emosi adalah apa yang mendorong kondisi emosional. Lange terutama menekankan bahwa setiap emosi seperti rasa marah hingga rasa senang dan bergairah memiliki serangkaian perubahan fisiologis yang muncul seperti perubahan detak jantung, pola pernafasan, keringat, dan respon lain. (King, Laura A., 2017).
b.      Teori Cannon-Bard
Teori yang menyebutkan bahwa emosi dan reaksi fisiologis terjadi secara simultan. Dalam teori Cannon-Bard tubuh memainkan peran yang tidak terlalu penting . cannon berpendapat bahwa emosi-emosi yang berbeda tidak dapat diasosiasikan dengan perubahan fisiologis tertentu karena respons dari sistem saraf otonom terlalu menyebar dan lambat untuk diperhitungkan bagi respon emosional yang cepat.
3. Emosi dan peraturan emosi:
Salah satu kekuatan paling penting yang memberi energi dan mengarahkan perilaku kita, yaitu, emosi. Ketika suatu peristiwa membuat kita bahagia, kita cenderung mencari keadaan yang serupa di masa depan. Ketika suatu peristiwa membuat kita takut, kita termotivasi untuk meninggalkan keaaan tersebut dan menghindarinya di masa depan. Kita harus mempertimbangkan emosi apa dan bagaimana mereka memengaruhi kita. (Gleitman, 2011). Emosi adalah respon afektif (seperti sukacita, kesedihan, kebanggaan, dan kemarahan), yang ditandai dengan karakteristik terkait perubahan perilaku (bagaimana kita bertindak), pengalaman subjektif (bagaimana kita merasa), dan fisiologi (bagaimana tubuh kita merespon). (Gleitmen, 2011).
Peraturan emosi terbagi menjadi dua (Gross, 2001) :                  
a.       Penilaiaan kembali yang bersifat positif
Penilaiaan kembali yang bersifat positif suatu bentuk regulasi emosi di mana seorang individu  mencoba menurunkan respon emosionalnya dengan mengubah makna situasi.
b.      Penekanan
Penekanan  terjadi ketika seseorang mencoba untuk mengurangi emosi yang dia tunjukkan di wajahnya atau tingka lakunya.Misalnya alih-alih menangis saat menerima berita kekecewaan, seseorang mungkin menggigit bibirnya dan memasang wajah pemberani.

4. Emosi dan Sistem Syaraf Otomatis
               Dalam krisis, divisi simpatik dari sistem saraf otonom (ANS) memobilisasi tubuh untuk beraksi. Ini mengarahkan kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon stres epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin (noradrenalin). Untuk memberikan energi, hati memberikan gula tambahan ke dalam aliran darah. Untuk membantu membakar gula, respirasi meningkat untuk memasok oksigen yang dibutuhkan. Denyut jantung dan darah ada peningkatan tekanan. Pencernaan melambat, mengalihkan darah dari organ-organ internal ke otot-otot Anda.  Dengan gula darah yang digerakkan ke otot-otot besar, bergerak menjadi lebih mudah. Pupil membesar, membiarkan lebih banyak cahaya. Untuk mendinginkan tubuh, Anda berkeringat. Jika terluka, darah Anda akan membeku lebih cepat. (Myers, David G. dan Dewall, C. Nathan, 2015).

               Menurut hukum Yerkes-Dodson, gairah memengaruhi kinerja dalam berbagai cara, tergantung pada tugas, dengan rangsangan mengarah ke kinerja optimal (Yerkes & Dodson, 1908). Saat mengikuti ujian, itu menjadi agak terangsang — waspada tetapi tidak gemetar karena gugup. Terlalu sedikit gairah (seperti ketika mengantuk) dapat mengganggu. Dan, seperti yang akan kita lihat, gairah tinggi yang berkepanjangan dapat membebani tubuh. Ketika krisis berlalu, divisi parasimpatis ANS Anda secara bertahap akan tenang, karena hormon stres perlahan meninggalkan aliran darah Anda. Setelah krisis Anda berikutnya, Pikirkan ini: Tanpa usaha sadar, respons tubuh Anda terhadap bahaya sangat luar biasa terkoordinasi dan adaptif — mempersiapkan Anda untuk bertarung atau melarikan diri. (Myers, David G. dan Dewall, C. Nathan, 2015).
              
               Gairah emosi seperti krisis pusat kendali, sistem saraf otonom membangkitkan tubuh dalam krisis dan menenangkannya saat bahaya berlalu. Pertimbangkan portofolio emosional yang luas dari insula, pusat saraf jauh di dalam otak. Insula diaktifkan ketika kita mengalami berbagai emosi sosial negatif, seperti nafsu, kebanggaan, dan kesal. Dalam pemindaian otak, ia menjadi aktif ketika orang menggigit beberapa makanan yang menjijikkan, mencium bau makanan yang menjijikkan, berpikir tentang menggigit kecoa menjijikkan, atau merasa jijik moral atas bisnis busuk yang mengeksploitasi janda suci (Sapolsky, 2010). Daerah multitasking serupa ditemukan di area otak lainnya. Ketakutan dan sukacita mendorong peningkatan detak jantung yang sama, tetapi mereka menstimulasi otot wajah yang berbeda. Selama rasa takut, otot-otot alis Anda tegang. Selama kegembiraan, otot-otot dalam pipi Anda dan di bawah mata Anda menarik senyum (Witvliet & Vrana, 1995).
 
Menurut Carroll Izard (1977) ada 10 emosi dasar yaitu kegembiraan, ketertarikan, kejutan, kesedihan, kemarahan, rasa jijik, penghinaan, ketakutan, rasa malu, dan rasa bersalah. Kesombongan juga merupakan emosi ditandai dengan senyuman kecil. Kepala agak miring kebelakang. Dan juga cinta merupakan emosi yang lebih kompleks yaitu campuran dari rasa kegembiraan dan ketertarikan. emosi tidak hanya mencakup fisiologi dan perilaku ekspresif tetapi juga pengalaman sadar kita.(Myers, David G. dan Dewall, C. Nathan, 2015).
            1. Marah
Apa yang membuat kita marah? Kadang-kadang kemarahan adalah respons terhadap kelakuan buruk yang dirasakan seseorang, terutama ketika tindakan seseorang tampak disengaja, tidak dapat dibenarkan, dan dapat dihindari (Averill, 1983). Kemarahan dapat membahayakan kita seperti permusuhan kronis dikaitkan dengan penyakit jantung. Kemarahan meningkatkan detak jantung kita, menyebabkan kulit berkeringat, dan meningkatkan kadar testosteron (Herrero dkk., 2010; Kubo dkk., 2012; Peterson & Harmon-Jones, 2012). mengungkapkan kemarahan dapat menenangkan sementara jika itu tidak membuat kita merasa bersalah atau cemas. Tetapi meskipun perasaan tenang sementara ini, katarsis biasanya gagal untuk membersihkan kemarahan kita dan  Lebih sering, mengungkapkan kemarahan melahirkan lebih banyak kemarahan. (Myers, David G. dan Dewall, C. Nathan, 2015).
Cara untuk mengelola kemarahan:
a.       Menunggu
b.      Tenangkan diri dengan berolahraga dan mencari teman ngobrol
c.       Menjauh dari hal yang membuat anda marah
(Aarts et al., 2010) Kemarahan tidak selalu salah, jika digunakan dengan bijak dapat mengkomunikasikan kekuatan dan kompetensi. Kemarahan juga memotivasi orang untuk mengambil tindakan dan mencapai tujuan (Myers, David G. dan Dewall, C. Nathan, 2015).

2. Kebahagiaan
(Deneve, 2013; Mauss, 2011) mengatakan bahwa orang yang bahagia merasa lebih percaya diri. Mereka menikmati pengalaman masa lalu mereka dengan positif tanpa memikirkan yang negative dan lebih terhubung secara sosial. Mereka hidup lebih sehat dan hidup lebih bersemangat dan merasa puas. (dalam Myers, David G. dan Dewall, C. Nathan, 2015).
(Stutzer & Frey, 2006) mengatakan jika kebahagiaan ini membantu orang-orang meramalkan perjalanan hidup mereka. satu penelitian menunjukkan bahwa anak-anak 20 tahun yang paling bahagia lebih cenderung menikah dan kurang cenderung bercerai. Dalam studi lain, ada ribuan mahasiswa dari Amerika Serikat pada tahun 1976 dan melakukan tes ulang pada usia 37, siswa yang bahagia lebih banyak mendapatkan uang daripada rekan-rekan yang kurang bahagia (Diener, 2002). Satu survei lebih dari 200.000 orang di 136 negara menemukan bahwa, hampir di mana-mana orang-orang melaporkan perasaan lebih bahagia setelah menghabiskan uang untuk orang lain daripada untuk diri mereka sendiri (Aknin, 2013).

No comments:

Post a Comment